Rabu, 08 April 2015

Filsafat Manusia Rene Descartes "Aku berpikir, maka aku ada"

     Rene Descartes lahir diperancis dari sebuah keluarga borjuis tepatnya didesa la haye touraine tanggal 31 maret tahun 1596 dan wafat tanggal 11 februari pada tahun 1650 pada usia ke 53 tahun. dia juga dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa latin, merupakan seorang filsuf dan matematikus perancis yang tersohor. Karyanya yang terpenting adalah Discours de la methode ( 1637 ) dan meditationesde prima philosophia ( 1641 ). 

     Rene Descartes sering juga disebut bapa filsafat modern atau bapa matematika modern. Dia adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern, dia menginspirasi generasi filusuf kontemporer dan setelahnya, membawa mereka untuk membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai RASIONALISME KONTINENTAL, sebuah posisi filosofikal pada Eropa abad ke 17 dan 18. ayah descartes adalah ketua parlemen inggris dan memiliki tanah yang cukup luas ( borjuis ). Ketika ayah descartes meninggal dan menerima warisan ayahnya ia menjual tanah itu dan menginvestasikan uangnya dengan pendapatan enam atau tujuh ribu franc pertahun. Dia bersekolah di Universitas Jesuit di La Fleche dari tahun 1604-1612, yang tampaknya telah memberikan dasar-dasar matematika modern.

    Saat umur 20 tahun dia mendapat gelar ahli hukum dari Universitas poitiers walau tidak pernah mempraktekan ilmunya sama sekali. meskipun Descartes memperoleh pendidikan terbaik tetapi dia yakin betul tak ada ilmu apapun yang bisa dipercaya tanpa matematik. karena itu, bukannya dia meneruskan pendidikan formalnya, melainkan ia mengambil keputusan untuk berkelana berkeliling eropa dan melihat dunia dengan mata kepalanya sendiri.

    Pada tahun 1612, dia pergi ke paris namun kehidupan sosial disana dia anggap membosankan dan kemudian dia mengasingkan diri ke daerah terpencil yaitu kota Faubourg. teman-temannya menemukan dia ditempat perasingan yang ia tinggali maka untuk lebih menyembunyikan diri, ia memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi tentara belanda pada tahun 1617. ketika belanda dalam keadaan damai dia tampak menikmati meditasinya tanpa gangguan selama 2 tahun. tetapi meletusnya perang 30 tahun mendorongnya untuk mendaftarkan diri sebagai tentara Bavaria pada 1619. Dibavaria inilah selama musim dingin 1619-1690 dia mendapatkan pengalaman yang dituangkannya kedalam buku Discours de la methode. 

     Pemikiranya membuatsebuah revolusi falsafi di eropa karena pendapatnya yang revolusioner bahwa semuanya tidak ada yang pasti kecuali kenyataan bahwa seseorang bisa berpikir. " Aku berpikir maka aku ada " Meski paling dikenal karena karya-karya filosofinya, dia juga telah terkenal sebagai pencipta sistem koordinat kartesius yang mempengaruhi kalkulus modern.

    Descartes juga pernah menulis buku sekitar tahun 1629 yang berjudul Rules for the diriction of the mind yang memberikan garis besar secara metodenya. buku ini tidak terlalu komplit dan tampaknya dia tidak berniat menerbitkannya. Diterbitkan untuk pertama kalinya lebih dari tahun sesudah descartes tiada. dari tahun 1630 sampai 1634, descartes menggunakan metodenya dalam penelitian ilmiah. untuk mempelajari lebih mendalam tentang anatomi dan fisiologi dia melakukan penjajakan secara terpisah. ia bergerumul dalam bidang-bidang yang berdiri sendiri seperti optik, meteorologi, matematika dan berbagai cabang ilmu lainnya.

    Sedikitnya ada 5 lima ide descartes yang punya pengaruh penting terhadap jalan pikiran eropa :
a. pandangan mekanisnya mengenai alam semesta
b. sikapnya yang positif terhadap penjajakan ilmiah
c. tekanan yang, diletakannya pada penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan
d. pembelaannya terhadap dasar awal sikap skeptis
e. penitikpusatan perhatian terhadap epistemolgi

KARYA FILSAFAT RENE DESCARTES

1.  PENGETAHUAN YANG PASTI

A. pengetahuan yang berasal dari pengalaman inderawi dapat diragukan, semisal kita memasukan kayu lurus kedalam air maka akan tampak bengkok

B. fakta umum tentang dunia semisal api itu panas dan benda yang berat akan jatuh juga dapat diragukan. Descartes menyatakan bagaimana jika kita mengalami mimpi yang sama berkali kali dan dari situ kita mandapatkan pengetahuan umum tersebut.

C. logika dan matematika prinsip-prinsip logika dan matematika juga ia ragukan. ia menyatakan bagaimana jika ada suatu makhluk yang berkuasa memasukan ilusi dalam pikiran kita, dengan kata lain kita berada dalam suatu matriks

2.  ONTOLOGI TUHAN DAN BENDA

3.  METAFISIKA



         
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar